KELURAHAN GANDEKAN , JL.S.BATANG HARI NO.23 SURAKARTA 57122

KELURAHAN GANDEKAN , JL.S.BATANG HARI NO.23 SURAKARTA 57122

Monday 14 July 2014

Cuaca Ekstrem di Solo, Masyarakat Diminta Waspada

PASAR KLIWON – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo meminta masyarakat waspadai perubahan cuaca cukup ekstrem yang terjadi di Kota Solo beberapa hari terakhir.
“Memang terjadi perubahan suhu udara drastis, dari panas tiba-tiba langsung dingin. Bahkan terjadi hujan ringan dan anginnya kencang, namun kami belum mendapat informasi mengenai cuaca seperti ini dari BMKG,” terang Kepala BPBD Kota Solo, Eko Nugroho, Senin (14/7/2014).
Menurutnya, masyarakat pun harus waspada dengan cuaca seperti itu. Ini untuk mengantisipasi dan menghindari adanya bencana seperti pohon tumbang maupun longsor.
“Apabila tidak urusan penting lebih baik jangan keluar rumah dan menghindari berteduh di bawah pohon,”katanya.
Pihaknya mengamati jika perubahan cuaca ekstrem ini mulai terjadi minggu kedua bulan Juni. Padahal arah angin masih berada di barat daya, yang mana selama waktu itu di Solo sering terjadi hujan lembut dan tiba-tiba angin kencang. Bahkan sudah ada surat edaran dari provinsi terkait kondisi ini untuk siaga dan mempersiapkan menghadapi bencana alam.
“Kondisi itu mulai terjadi sekitar 10 Juni malam lalu. Kalau kami sudah siaga lama, petugas dan peralatan pun sudah kami persiapkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” ungkapnya. Ari Welianto

Sumber : Joglo Semar