KELURAHAN GANDEKAN , JL.S.BATANG HARI NO.23 SURAKARTA 57122

KELURAHAN GANDEKAN , JL.S.BATANG HARI NO.23 SURAKARTA 57122

Thursday 26 February 2015

Kunjungan Menteri ke Taman Cerdas Gandekan

Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah (Menbuddikdasmen) DR. Anies Rasyid Baswedan,Ph.D mengunjungi Taman Cerdas Kelurahan Gandekan, Solo, Jawa Tengah, Kamis (26/2/2015).
Kedatangan beliau sudah ditunggu-tunggu sejak pukul 17.00 wib, namun rombongan baru sampai dilokasi pukul 18.00 wib selepas adzan Magrib.  Sambutan meriah terlihat dari anak-anak dan warga Gandekan. Sejak sore warga sudah terlihat berjajar di jalan kampung menuju lokasi Taman Cerdas.
Kehadiran pak Menteri telah didahului oleh Dirjen Kebudayaan Prof. Kacung Marijan, Ph.D dengan disambut oleh anak-anak binaan Taman Cerdas dengan sebuah tarian modern bercorak Bali pada pukul 17.00 wib. Dilanjutkan melihat proses belajar mengajar di ruang IT dan ruang perpustakaan.
Begitu rombongan Menteri beserta rombongan tiba dilokasi Taman Cerdas masyarakat sekitar itu juga turut menyambut kedatangannya dengan ceria. Berhubung memasuki waktu sholat maghrib, beliau sholat magrib terlebih dahulu di Masjid At Tajdiid, Butuh.
Kendati molor satu jam dari waktu yang sudah ditentukan, anak-anak binaan Solo Mengajar masih semangat menampilkan berbagai kebolehannya di hadapan sang menteri.
Pak Menteri juga berkenan melihat secara langsung kegiatan anak usia SD hingga SMP yang ikut serta dalam kegiatan belajar di Taman Cerdas Gandekan diruangan IT dan ruang Perpustakaan. Bahkan berdialog bersama mereka.


Dalam kata sambutannya Anies Baswedan mengungkapkan jika aktivitas di Taman Cerdas tersebut merupakan salah satu wujud simbiosis mutualisme pendidikan antara pemerintah dengan masyarakat. “Pemerintah memfasilitasi tempat yang berupa bangunan taman pintar, dan masyarakat memanfaatkannya sebagai sarana mengajar untuk meningkatkan pendidikan, oleh karena itu pendidikan merupakan suatu gerakan yang harus dijalankan bersama oleh pemerintah dan masyarakat. Pernyataan ini disampaikannya saat mengunjungi Taman Cerdas Gandekan, Kamis (26/2/2015) petang.
Dalam sambutannya yang lain beliau bercerita “Gandekan menjadi kenangan bagi saya. Sebab di masa kecil dulu saya pernah tinggal bersama paman di wilayah ini,” akunya saat memberi sambutan di hadapan warga.