KELURAHAN GANDEKAN , JL.S.BATANG HARI NO.23 SURAKARTA 57122

KELURAHAN GANDEKAN , JL.S.BATANG HARI NO.23 SURAKARTA 57122

Monday 29 August 2016

NGREKSO LEPEN RESIK-RESIK KALI



NGREKSO LEPEN RESIK-RESIK KALI
  


Surakarta (28/8/2016)
Ratusan warga Kelurahan Gandekan yang berada dibantaran Kali Pepe, pada hari Minggu, 28 Agustus 2016 mengadakan kerja bhakti diKali Pepe dengan tema “RESIK-RESIK NGREKSO LEPEN”. Para peserta kerja bhakti yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat, Pegawai Kelurahan, pengurus RW dan RT, Linmas, PKK RW dan RT, KTI serta seluruh warga RW III, IV, V dan VI Kelurahan Gandekan bekerja gotongroyong membersihkan rerumputan dan pepohonan yang tumbuh ditalud/tebing Kali Pepe. Kerja bhakti yang dilaksanakan dimulai pada pukul 07.30 wib sampai pertengahan siang hari  sehingga saluran kali Pepe kelihatan bersih kembali walaupun tidak bisa menghilangkan sendimen walet yang sudah menebal, karena dengan tenaga manual tidak akan mampu, diperlukan alat berat seperti eskavator untuk mengeruk dan meratakan serta menaikkan sampah yang menumpuk dipintu air Demangan.




Dalam acara Kerja Bhakti Resik-resik Ngrekso Lepen ini tampak Lurah Gandekan, Drs. Daliman beserta perangkat serta Ketua Ngrekso Lepen Mangku Keprabon Kelurahan Gandekan, Sumarsih,SE beserta pengurus lainnya meninjau langsung dan memberikan arahan untuk kelancaran pelaksanaan kerja bhakti. Warga Kelurahan Gandekan yang mengikuti acara kerja bhakti sangat antusias dan tidak keberatan sekalipun harus terjun dialiran sungai Kali Pepe, yang walaupun airnya sangat kotor, mereka berusaha mendorong-dorong sampah plastik dan lain-lain yang tersangkut oleh bebatuan atau kayu/bambu yang melintang di aliran sungai agar supaya bisa terbawa arus aliran sungai.
Terkait dengan menjaga kebersihan Kali pepe ini perlu sinergi dari berbagai Instansi dan wilayah karena Kali Pepe ini melintas diperbatasan beberapa Kelurahan, seperti sisi utara Kali Pepe merupakan wilayah Gandekan ini , sedangkan sisi selatan wilayah Kelurahan Sangkrah dan Kedung Lumbu, sedangkan didaerah hulu merupakan wilayah Kelurahan Sudiroprajan dan sebagainya. Dengan semakin mendangkalnya Kali Pepe dan munculnya pulau-pulau kecil akibat sendimen walet yang sangat banyak, warga masyarakat mengharapkan dari Balai PSDA Bengawan Solo supaya mengadakan proyek keduk walet dengan alat berat dan menambah tanggul pengaman di wilayah Penjalan RW IV Kelurahan Gandekan supaya ketika hujan lebat genangan kali Pepe tidak meluber ke arah pemukiman di kampung Penjalan, Butuh maupun Karangasem. (m@n)